Kamis, 26 Januari 2012

Peranan Akuntansi dalam Bisnis

Peranan Akuntansi dalam Bisnis

Apakah peranan akuntansi dalam bisnis? Jawaban yang paling sederhana adalah akuntansi memberikan informasi untuk digunakan oleh manajer dalam menjalankan operasi perusahaan. Akuntansi juga memberikan informasi untuk pihak - pihak lain yang berkepentingan dalam menilai kinerja dan kondisi ekonomi perusahaan.
Secara umum, akuntansi (accounting) dapat diartikan sebagai sistem informasi yang menyediakan laporan untuk pemangku kepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan. Bisa dibilang bahwa akuntansi adalah " bahasa bisnis" (languange of business) karena melalui akuntansilah informasi bisnis dikomunikasikan kepadaoara pemangku kepentingan. Contohnya, laporan akuntansi yang merngkum profitabilitas produk baru akan membantu manajemen The Coca - Cola Company untuk memutuskan apakah produk tersebut akan terus dijual. Demikian pula, analis pasar modal mengggunakan laporan akuntansi untuk memutuskan apakah mereka perlu merekomendasikan untukmembeli saham Coca - Cola. Bank menggunankan laporan akuntansi untuk memutuskan pemberian fasilitas kredit guna membeli peralatan dan bahan baku bagi Coca - Cola. Pemerintah (kantor pajak) menggunakan laporan akuntansi sebagai dasar untuk menetapkan pajak bagi Coca -Cola.
Akuntansi menyediakan informasi bagi para pemangku kepentingan dalam perusahaan melalui proses sebagai berikut :
  1. Mengidentifikasikan pemangku kepentingan
  2. Menilai kebutuhan pemangku kepentingan
  3. Merancang sistem informasi akuntansi untuk memenuhi kebutuhan pemangku kepentingan
  4. Mencatat data ekonomi mengenai aktivitas dan peristiwa perusahaan
  5. Menyiapkan laporan akuntansi bagi para pemangku kepentingan

PROFESI AKUNTANSI

Anda mungkin berpikir bahwa semua bidang akuntansi adalah sama. Namun, anda akan menemukan beberapa bidang spesialisasi akuntansi dalam prakteknya. Dua bidang yang paling sering ditemui adalah akuntansi keuangan dan akuntansi manajerial. Bidang yang lainnya meliputi akuntansi biaya, akuntansi lingkungan, akuntansi pajak, sistem akuntansi, akuntansi internasional, akuntansi untuk organisasi non laba, dan akuntansi sosial.
Akuntansi keuangan (financial accounting) sanagt terkait dengan pencatatan dan pelaporan data dan aktivitas ekonomi dalam perusahaan. Selain laporan ini berguna bagi manjer, laporan tersebut juga menjadi laporan utama bagi pemilik usaha, kreditor, badan pemerintah, dan masyarakat. Sebagai contoh, jika anda ingin membeli saham Bank Central Asia Tbk, Lippo Karawaci Tbk, atau Kimia Farma Tbk, bagaimana anda dapat mengetahui pilihan yang tepat untuk melakukan investasi? Salah satu cara adalah dengan memeriksa laporan keuangan dan membandingkan kinerja dan kondisi ekonomi setiap perusahaan. Tujuan dari akuntansi keuangan adalah menyediakan laporan yang berguna untuk kebutuhan tersebut.
Akuntansi Manajerial (managerial accounting) atau Akuntansi Manajemen (management accounting), menggunakan akuntansi keuangan maupun data estimasi untuk membantu manajemen dalam menjalankan aktivitas operasional harian dan merencanakan aktivitas operasional di masa depan. Akuntan manajemen memperoleh dan melaporkan informasi yang relevan dan tepat waktu untuk keperluan pembuatan keputusan yang dilakukan oleh manajemen. Sebagai contoh, manajemen mungkin membutuhkan informasi untuk mencari pilihan alternatif guna membiayai pembangunan gedung baru. Sebaliknya manajemen mungkin membutuhkan informasi apakah mereka sebaiknya mengembangkan operasinya ke lini produk baru. Jadi, laporan yang dibuat untuk manajemen dapat berbeda dalam hal bentuk dan isi.
Apakah mereka terlibat dalam akuntansi keuangan ataupun akuntansi manajerial, para akuntan dipekerjakan baik oleh perusahaan atau kantor akuntan publik. Akuntan yang bekerja di perusahaan atau organisasi nirlaba dikatakan bekerja sebagai akuntan swasta (private accountant) ataujuga disebut sebagai akuntan. Akuntan yang memberikan jasa untuk mendapatkan imbalan atau honor (fee) disebut akuntan publik (public accountant).
   

2 komentar:

  1. @noviputriristiani-accounting, penerapannya gimana??
    maksudnya penerapan akuntansi dalam bisnis??
    itu sesuai dengan Manajer dalam perusahaan tersebut, karena Manajer yang membuat keputusan atas semua yang akan dilakukan perusahaan, tapi ada juga manajer yang bekerja sama dengan karyawannya atas kebijakan yang diambil, melakukan musyawarah, atau meminta pihak ketiga: baik dalam perusahaan maupun diluar perusahaan,
    setelah semua dikomunikasikan, ambilah tindakan, untuk perubahan !!

    BalasHapus