A. PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Dalam Islam, Hijab
diwajibkan bagi wanita yang sudah Baligh. Saya ingin membuat peluang usaha
dalam bidang jasa, yaitu “Salon Hijabers”, karena pada saat ini sudah banyak
wanita yang menggunakan hijab sebagai identitasnya. Semakin banyak wanita yang
mengenakan Hijab, maka semakin banyak wanita yang ingin tahu bagaimana cara
mengenakannya, baik dalam acara formal ataupun informal.
Berawal dari semakin
banyaknya kebutuhan untuk jasa stylish dan tata rias salon kerudung atau jilbab
untuk acara pesta pernikahan maupun wisuda, baik menghadiri acara formal maupun
informal, maka kami mencoba memfasilitasi kebutuhan tersebut untuk senantiasa
tampil cantik dan elegan sehingga momen berharganya menjadi lebih penuh kenangan.
“Salon Hijabers”
merupakan tempat dimana seseorang belajar, bagaimana cara untuk mengenakan
Hijab yang cantik, elegan, terlihat fashionable, dan tetap sesuai dengan
syariat Islam. Pelayanan Salon Hijabers juga menyediakan perawatan
rambut (creambath, masker rambut, hairspa, gunting, coloring), perawatan tubuh
(pijat, lulur, masker tubuh), perawatan wajah (termasuk perawatan mata dan
telinga), manicure, pedicure, hingga refleksi, totok aura.
Peluang usaha ini
diharapkan memberikan nilai positif, memberikan manfaat bagi wanita yang masih
awam dengan kata Hijab, serta mengajak wanita untuk memenuhi kewajibannya
sebagai muslim.
2. Tujuang Jangka Panjang
Saya ingin menjadikan
“Salon Hijabers” memiliki 5 cabang di DKI Jakarta, tepatnya Wilayah Jakarta
Barat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Utara pada tahun
2030 yang mempunyai penghasilan pasif sebesar Rp 15.000.000 per bulan.
3. Tujuan Jangka Menengah
Saya ingin mempunyai
penghasilan pasif atas dibukanya “Salon Hijabers” pada tahun 2020
4. Tujuan Jangka Pendek
Pada tahun 2016, Saya
ingin bergabung dengan orang lain yang telah berpengalaman, yang mempunyai
pengetahuan luas tentang Hijab dan mengikuti kelas Hijabers yang telah
diselenggarakan.
B. Aspek Organisasi dan Manajemen
Umum
1. Nama Perusahaan : Salon
Hijabers
2. Nama Pemilik : Siti
Maulida
3. Bidang Usaha :
Jasa
4. Jumlah Karyawan : 4 Karyawan
1. Siti
Maulida : Pemilik, merangkap sebagai Manajemen Personalia dan
Manajemen Keuangan
2. Septi
Fani : Bagian Pelayanan
3. Ajeng Ayu
: Bagian Pelayanan
4. Siti
Zahwa : Bagian Pemasaran
5. Badan Hukum : Persekutuan
Komanditer (CV)
6. Alamat Perusahaan : Jl. Arjuna
Utara No. 88 belakang Universitas Esa Unggul
7. Telepon, Fax, Email : 021 –
5332171
E-mail : salonhijabers@gmail.com
8. Tahun
Berdiri
: 2020
A. Pimpinan dan Staf
Pimpinan
Jabatan
|
Jumlah
|
Gaji per orang/bulan
|
Jumlah gaji
|
Pemilik
|
1
|
Rp 2.000.000
|
Rp 2.000.000
|
Gaji per bulan
|
Rp 2.000.000
|
||
Gaji per tahun
|
Rp 24.000.000
|
Manajemen
Jabatan
|
Jumlah
|
Gaji per orang/bulan
|
Jumlah gaji
|
Bagian Pelayanan
|
2 Orang
|
Rp 2.000.000
|
Rp 4.000.000
|
Bagian Pemasaran
|
1 Orang
|
Rp 2.000.000
|
|
Gaji per bulan
|
Rp 6.000.000
|
||
Gaji per tahun
|
Rp 72.000.000
|
B. Biaya Administrasi
Biaya Administrasi Per Bulan
|
Jumlah
|
Bagian Sewa
|
Rp 2.000.000
|
Gaji per bulan
|
Rp 2.000.000
|
Gaji per tahun
|
Rp 24.000.000
|
C. Biaya Pendirian
(Perijinan)
Nomor
|
Uraian
|
Jumlah
|
1
|
Izin Mendirikan Usaha
|
Rp 75.000
|
Jumlah
|
1 Orang
|
Rp 75.000
|
D. Struktur Organisasi (tidak bisa ditampilkan)
•Pemilik
*Bagian Pelayanan
*Bagian Pemasaran
E. Jadual Kegiatan Pra
Pengembangan
Kegiatan
|
Jumlah
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
||
Survei Konsumen
|
x
|
x
|
x
|
X
|
4 kali
|
||||
Survei Lokasi
|
x
|
x
|
2 kali
|
||||||
Biaya Pra Pengembangan
|
Rp 800.000
|
C. Aspek Pemasaran
A. Permintaan
1. Jenis barang/jasa yang dijual : Cara
untuk mengenakan Hijab yang cantik, elegan, terlihat fashionable, dan tetap
sesuai dengan syariat Islam. Pelayanan Salon Hijabers juga menyediakan
perawatan rambut (creambath, masker rambut, hairspa, gunting, coloring,),
perawatan tubuh (pijat, lulur, masker tubuh), perawatan wajah (termasuk
perawatan mata dan telinga), manicure, pedicure, hingga refleksi, totok aura
2. Keunggulan produk dibanding pesaing : Kami dapat menerima panggilan ke
rumah, gedung, atau kantor untuk acara-acara yang sifatnya kecil sehingga
customer/pelanggan tidak perlu datang ke tempat kami. Hal ini tentu saja
menjadi lebih efisien, sehingga customer/pelanggan dapat langsung menghadiri
acara tanpa harus bolak balik ke salon untuk sekedar di rias
3.Target pembeli (kelas pembeli) : Target usaha kami ini yaitu semua
kalangan baik perempuan, tua atau muda, masyarakat golongan menengah ke bawah
maupun menengah ke atas
Pelanggan yang diharapkan datang
pada salon ini terdiri dari tiga kelompok besar, yaitu :
- Wanita dewasa, yang
merupakan ibu-ibu muda dan karyawan-karyawan wanita yang berada di sekitar
lokasi. Ciri spesifik dari pelanggan golongan ini adalah mereka mementingkan
kualitas dan image, dengan unsur-unsur kualitas yang diinginkan terutama adalah
: kerapihan, profesionalitas, kerapihan, dan pelayanan.
- Wanita muda, yang
merupakan mahasiswa-mahasiswa wanita dari sekolah tinggi dan akademi-akademi
yang berada di sekitar lokasi. Ciri spesifik dari pelanggan golongan ini adalah
mereka mementingkan kecepatan dari pelayanan yang diberikan, dengan unsur-unsur
kualitas yang diinginkan terutama adalah : kecepatan, kesantaian/rileks, dan
kesupelan.
- Remaja wanita, yang merupakan
siswa-siswa wanita yang berasal dari sekolah-sekolah menengah SMU/SMP yang
berada di sekitar lokasi usaha. Ciri spesifik dari pelanggan golongan ini
adalah mereka mementingkan trend yang berubah-ubah setiap saat, dengan
unsur-unsur kualitas yang terutama adalah : penguasaan akan trend yang tidak
ketinggalan.
4.Daerah penjualan (kota, negara) :
Jakarta Barat, Indonesia
5.Lokasi penjualan : di belakang Universitas Esa Unggul, berada di
pinggir jalan
6.Jumlah penduduk target pembeli : 1.000 jiwa
7.Usia target
pembeli : Antara 19-30 tahun
8.Pendapatan
target : > Rp 1.000.000
9.Potensi
pembeli : 1.000 pembeli
10.Penjualan per bulan
(Rp) : Rp 12.000.000
11.Penjualan per tahun
(Rp) : Rp 144.000.000
B. Penawaran
1.Nama-nama pesaing
utama :
Salon Muslimah
2.Keungulan pesaing : Untuk saat ini pesaing dalam bisnis ini belum terlalu banyak. Agar kita dapat
bersaing dengan para pesaing maka product yang di hasilkan harus lebih
berkualitas dan memberikan nilai lebih bagi pelanggan.
3.Penjualan pesaing per bulan (Rp) : Rp 10.000.000
4.Nama produk dan jumlahnya : Menjual jasa dalam pemakaian Hijab
5.Penjualan produk per bulan (Rp) : Rp 12.500.000
6.Penjualan produk per tahun (Rp) : Rp 150.000.000
7.Pertumbuhan permintaan berdasarkan pertumbuhan penduduk (%) : 15%
8.Penjualan pesaing per tahun (Rp) : Rp 125.000.000
9.Pertumbuhan penawaran berdasarkan pertumbuhan ekonomi (%) : 10%
10.Pertumbuhan penjualan
(%) :
15%
11.Bauran pemasaran (product, price, place, promotion) :
Produk Salon (Product)
1. Manfaat-manfaat produk yang penting di salon :
· Dilihat dari varietas produk yang diberikan
Contoh : Pemakaian Hijab untuk acara wisuda, pengantin, acara formal maupun
informal, gunting rambut, creambath, cuci blow, cat rambut, menicure/pedicure
dan lain-lain.
· Dilihat dari pelayanan
Pelayanan yang diberikan harus memuaskan karena orang akan merasa puas dengan
jasa yang dihasilkan, misalnya tidak terlalu menunggu lama.
· Dilihat dari kualitas
Misalnya dari cara teknik memotong , teknik cat harus kualitas yang baik
sehingga orang puas.
Produk yang dapat dibedakan dari salon ini :
· Pelayanan
· Kualitas
· Nama merek yang akan
digunakan Salon Hijabers
Dukungan yang diperlukan dari usaha salon :
· Desain ruangan salon
· Peralatan yang lengkap
· Produk yang ditawarkan
lengkap
· Pelayanan yang diberikan
memuaskan
· Garansi produk yang
ditawarkan
Pentingnya pelayanan
bagi salon, karena salon yang ditawarkan adalah jasa, sehingga
apabila yang ditawarkan memuaskan bagi konsumen, maka konsumen akan datang
kembali untuk mempercayakan penataan rambutnya terhadap salon tersebut. Efeknya
salon tersebut akan ramai dikunjungi sehingga pendapatan dari salon tersebut
meningkat. Pada salon perlu variasi produk agar tidak monoton/membosankan
sehingga konsumen yang datang dapat memilih produk yang ditawarkan.
Pada salon tidak terlalu penting kemasan karena ini merupakan jasa
pelayanan.
Membandingkan dengan pesaing dapat dilihat dari :
· Harga yang ditawarkan.
· Varietas produk yang dilihat.
· Pelayanan yang diberikan oleh salon tersebut.
Tempat (Place) Salon
1. Lokasi yang ada sudah cukup sesuai karena dilihat dari tempatnya sudah
strategis karena:
· Dekat dengan kampus mahasiswa
· Perkantoran
· Dilalui oleh jalur angkutan kota.
2. Lokasi sangat penting bagi usaha, karena:
· Lokasi sangatlah menetukan omzet bagi usaha.
· Jumlah konsumen yang datang.
3. Bentuk distribusi yang diperlukan:
· Lokasi
· Transportasi
4. Motivasi yang diberikan kepada distributor untuk menyalurkan
produk:
· Cara pembayaran yang diberikan
· Produk yang diambil dalam jumlah yang banyak
· Pamflet / selebaran produk tersebut ditempel ditempat yang dapat dilihat
jelas oleh konsumen
· Produk tersebut dipajang ditempat yang dilihat oleh konsumen
Promosi untuk Bisnis Salon (Promotion)
1. Besarnya anggaran promosi yang dilaksanakan sekitar
tiga juta.
2. Advertising/promosi sangat penting didalam salon, karena orang
akan tahu/ mengenal, mencoba apabila puas, akan datang kembali.
3. Bauran promosi yang penting ialah : dengan cara advertising,
melalui radio. majalah, spanduk/dari mulut ke mulut.
4. Efektivitas promosi setiap tahun :
·Dapat mempengaruhi pendapatan
·Dapat lebih dikenal lebih luas lagi oleh masyarakat sehingga mengenal
5. Bauran advertising bukan yang terbaik,
· Karena bisnis ini biasanya orang mencoba terlebih dahulu, untuk masuk
apabila pelayanan yang diberikan baik maka orang akan lebih loyal.
· Biasanya bisnis ini promosi dari mulut ke mulut yang dilakukan
6. Media efektif yang digunakan : spanduk dan brosur.
Harga Jasa Salon (Price)
1. Harga yang ditetapkan berdasarkan permintaan atau yang sudah ditentukan
terlebih dahulu oleh pemilik dengan menghitung jumlah biaya yang
dikeluarkan untuk produk jasa yang dilakukan.
2. Untuk salon profit margin yang sesuai kira-kira 20 % - 30%.
3. Untuk salon ditentukan harganya dengan :
· Menghitung jumlah tenaga kerja
· Menghitung bahan baku, dll atau produk ditentukan harganya dengan
melihat harga dari pesaing disekitarnya
4. Sejauh harga pesaing tidak terlalu besar gapnya, maka tidak
perlu kuatir. Apalagi dengan memberikan service pelayanan yang baik
5. Harga bagi pembeli, sangat penting. Tetapi apabila pelayanan yang
diberikan kepada pembeli sangatlah baik dan kualitas yang baik, apabila dia
membayar dengan harga yang sedikit lebih mahal tidak menjadi masalah.
6. Tingkatan harga pada salon harus dipertimbangkan dengan melihat:
· Lamanya pekerjaan
· Bahan baku yang dikeluarkan.
12.Biaya distribusi/place (Rp) : Rp 3.000.000
13.Biaya promosi
(Rp) : Rp 3.000.000
D. Aspek
Produksi
1. Tanah : Luas Tanah 200
m2
2.Bangunan : Sewa kantor Rp
2.000.000/bulan, Sewa (3 Tahun) Rp 72.000.000
3.Mesin dan
peralatan :
Beli/ Sewa
|
Nama
|
Merek
|
Jumlah
|
Harga
|
|
1. Beli
|
Komputer
|
ASUS X427
|
1
|
Rp 4.500.000
|
|
Hairdryer
|
Philips
Hair Straightener - HP-4686
|
3
|
Rp.1.350.000
|
||
Set pencuci rambut
|
-
|
2 set
|
Rp
|
||
Set gunting
|
-
|
5 set
|
Rp
|
||
Set perawat rambut
|
|||||
Peralatan creambath steamer
|
1 set
|
||||
Jepit-jepit rambut
|
|||||
Peralatan medicure/pedicure
|
2 set
|
||||
Peralatan drokap (untuk keriting &
pengecatan)
|
1 set
|
||||
Jarum pentu peniti bross
|
30 lusin
|
||||
Hijab
|
200 buah
|
||||
Ciput ninja
|
100 buah
|
||||
2. Hibah
|
Uang
|
-
|
Rp
15.000.000
|
Rp
15.000.000
|
|
4.Inventaris
kantor :
Inventaris Kantor
|
Harga (Rp)
|
1. Sofa dan Meja
|
Rp 3.200.000
|
2. Kursi
tunggu
|
Rp 200.000
|
3. Lemari kaca
|
Rp 2.500.000
|
5.Kendaraan :
Kendaraan
|
Harga (Rp)
|
1. Mobil
|
Rp 150.000.000
|
2. Motor
|
Rp 12.000.000
|
Jumlah
|
Rp 162.000.000
|
6.Kontrak
dibayar dimuka : -
7.Biaya Sewa : Rp 2.000.000/bulan
8.Bahan baku :
Bahan Baku
|
Harga (Rp)
|
1. Hijab
|
Rp 500.000
|
9.Upah tenaga
produksi : - (karena tidak memproduksi Hijab, hanya membeli saja)
10.Biaya umum :
Jumlah Biaya Umum
|
Jumlah (Rp)
|
1.Pemeliharaan
Mesin dan Peralatan
|
Rp 1.000.000
|
2. Biaya penggantian peralatan
|
Rp 100.000
|
3. Biaya listrik, air, telepon
|
Rp 3.000.000
|
4. Biaya transportasi pemasaran
|
Rp 2.000.000
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar