Selasa, 27 Mei 2014

Salon Hijabers

A. PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
 Dalam Islam, Hijab diwajibkan bagi wanita yang sudah Baligh. Saya ingin membuat peluang usaha dalam bidang jasa, yaitu “Salon Hijabers”, karena pada saat ini sudah banyak wanita yang menggunakan hijab sebagai identitasnya. Semakin banyak wanita yang mengenakan Hijab, maka semakin banyak wanita yang ingin tahu bagaimana cara mengenakannya, baik dalam acara formal ataupun informal.
 Berawal dari semakin banyaknya kebutuhan untuk jasa stylish dan tata rias salon kerudung atau jilbab untuk acara pesta pernikahan maupun wisuda, baik menghadiri acara formal maupun informal, maka kami mencoba memfasilitasi kebutuhan tersebut untuk senantiasa tampil cantik dan elegan sehingga momen berharganya menjadi lebih penuh kenangan.
 “Salon Hijabers” merupakan tempat dimana seseorang belajar, bagaimana cara untuk mengenakan Hijab yang cantik, elegan, terlihat fashionable, dan tetap sesuai dengan syariat Islam. Pelayanan Salon Hijabers juga menyediakan perawatan rambut (creambath, masker rambut, hairspa, gunting, coloring), perawatan tubuh (pijat, lulur, masker tubuh), perawatan wajah (termasuk perawatan mata dan telinga), manicure, pedicure, hingga refleksi, totok aura. 
 Peluang usaha ini diharapkan memberikan nilai positif, memberikan manfaat bagi wanita yang masih awam dengan kata Hijab, serta mengajak wanita untuk memenuhi kewajibannya sebagai muslim.
2. Tujuang Jangka Panjang
 Saya ingin menjadikan “Salon Hijabers” memiliki 5 cabang di DKI Jakarta, tepatnya Wilayah Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Utara pada tahun 2030 yang mempunyai penghasilan pasif sebesar Rp 15.000.000 per bulan.
3. Tujuan Jangka Menengah
 Saya ingin mempunyai penghasilan pasif atas dibukanya “Salon Hijabers” pada tahun 2020
4. Tujuan Jangka Pendek
 Pada tahun 2016, Saya ingin bergabung dengan orang lain yang telah berpengalaman, yang mempunyai pengetahuan luas tentang Hijab dan mengikuti kelas Hijabers yang telah diselenggarakan.

B. Aspek Organisasi dan Manajemen
Umum
1. Nama Perusahaan     : Salon Hijabers
2. Nama Pemilik           : Siti Maulida
3. Bidang Usaha           : Jasa
4. Jumlah Karyawan     : 4 Karyawan
                1. Siti Maulida    : Pemilik, merangkap sebagai Manajemen Personalia                                     dan Manajemen Keuangan
                2. Septi Fani       : Bagian Pelayanan
                3. Ajeng Ayu      : Bagian Pelayanan
                4. Siti Zahwa      : Bagian Pemasaran
5. Badan Hukum               : Persekutuan Komanditer (CV)
6. Alamat Perusahaan        : Jl. Arjuna Utara No. 88 belakang Universitas Esa Unggul
7. Telepon, Fax, Email       : 021 – 5332171
                E-mail : salonhijabers@gmail.com

8. Tahun Berdiri               : 2020

A. Pimpinan dan Staf
Pimpinan
Jabatan
Jumlah
Gaji per orang/bulan
Jumlah gaji
Pemilik
1
Rp 2.000.000
Rp 2.000.000
Gaji per bulan


Rp 2.000.000
Gaji per tahun


Rp 24.000.000

Manajemen
Jabatan
Jumlah
Gaji per orang/bulan
Jumlah gaji
Bagian Pelayanan
2 Orang
Rp 2.000.000
Rp 4.000.000
Bagian Pemasaran
1 Orang

Rp 2.000.000
Gaji per bulan


Rp 6.000.000
Gaji per tahun


Rp 72.000.000

B. Biaya Administrasi
Biaya Administrasi Per Bulan
Jumlah
Bagian Sewa
Rp 2.000.000
Gaji per bulan
Rp 2.000.000
Gaji per tahun
Rp 24.000.000

C. Biaya Pendirian (Perijinan)
Nomor
Uraian
Jumlah
1
Izin Mendirikan Usaha
Rp 75.000
Jumlah
1 Orang
Rp 75.000

D. Struktur Organisasi (tidak bisa ditampilkan)
Pemilik
*Bagian Pelayanan
*Bagian Pemasaran

E. Jadual Kegiatan Pra Pengembangan
Kegiatan








Jumlah

1
2
3
4
5
6
7
8

Survei Konsumen
x
x
x
X




4 kali
Survei Lokasi






x
x
2 kali
Biaya Pra Pengembangan








Rp 800.000

C. Aspek Pemasaran
A. Permintaan
1. Jenis barang/jasa yang dijual  : Cara untuk mengenakan Hijab yang cantik, elegan, terlihat fashionable, dan tetap sesuai dengan syariat Islam. Pelayanan Salon Hijabers juga menyediakan perawatan rambut (creambath, masker rambut, hairspa, gunting, coloring,), perawatan tubuh (pijat, lulur, masker tubuh), perawatan wajah (termasuk perawatan mata dan telinga), manicure, pedicure, hingga refleksi, totok aura
2. Keunggulan produk dibanding pesaing : Kami dapat menerima panggilan ke rumah, gedung, atau kantor untuk acara-acara yang sifatnya kecil sehingga customer/pelanggan tidak perlu datang ke tempat kami. Hal ini tentu saja menjadi lebih efisien, sehingga customer/pelanggan dapat langsung menghadiri acara tanpa harus bolak balik ke salon untuk sekedar di rias
3.Target pembeli (kelas pembeli) : Target usaha kami ini yaitu semua kalangan baik perempuan, tua atau muda, masyarakat golongan menengah ke bawah maupun menengah ke atas
Pelanggan yang diharapkan datang pada salon ini terdiri dari tiga kelompok besar, yaitu :
- Wanita dewasa, yang merupakan ibu-ibu muda dan karyawan-karyawan wanita yang berada di sekitar lokasi. Ciri spesifik dari pelanggan golongan ini adalah mereka mementingkan kualitas dan image, dengan unsur-unsur kualitas yang diinginkan terutama adalah : kerapihan, profesionalitas, kerapihan, dan pelayanan.
- Wanita muda, yang merupakan mahasiswa-mahasiswa wanita dari sekolah tinggi dan akademi-akademi yang berada di sekitar lokasi. Ciri spesifik dari pelanggan golongan ini adalah mereka mementingkan kecepatan dari pelayanan yang diberikan, dengan unsur-unsur kualitas yang diinginkan terutama adalah : kecepatan, kesantaian/rileks, dan kesupelan.
- Remaja wanita, yang merupakan siswa-siswa wanita yang berasal dari sekolah-sekolah menengah SMU/SMP yang berada di sekitar lokasi usaha. Ciri spesifik dari pelanggan golongan ini adalah mereka mementingkan trend yang berubah-ubah setiap saat, dengan unsur-unsur kualitas yang terutama adalah : penguasaan akan trend yang tidak ketinggalan.
4.Daerah penjualan (kota, negara)  : Jakarta Barat, Indonesia
5.Lokasi penjualan : di belakang Universitas Esa Unggul, berada di pinggir jalan
6.Jumlah penduduk target pembeli : 1.000 jiwa
7.Usia target pembeli                     : Antara 19-30 tahun
8.Pendapatan target                       : > Rp 1.000.000
9.Potensi pembeli                          : 1.000 pembeli
10.Penjualan per bulan (Rp)           : Rp 12.000.000
11.Penjualan per tahun (Rp)           : Rp 144.000.000

B. Penawaran
1.Nama-nama pesaing utama   : Salon Muslimah
2.Keungulan pesaing                : Untuk saat ini pesaing dalam bisnis ini belum terlalu banyak. Agar kita dapat bersaing dengan para pesaing maka product yang di hasilkan harus lebih berkualitas dan memberikan nilai lebih bagi pelanggan.
3.Penjualan pesaing per bulan (Rp)   : Rp 10.000.000
4.Nama produk dan jumlahnya          : Menjual jasa dalam pemakaian Hijab
5.Penjualan produk per bulan (Rp)    : Rp 12.500.000
6.Penjualan produk per tahun (Rp)    : Rp 150.000.000
7.Pertumbuhan permintaan berdasarkan pertumbuhan penduduk (%) : 15%
8.Penjualan pesaing per tahun (Rp)    : Rp 125.000.000
9.Pertumbuhan penawaran berdasarkan pertumbuhan ekonomi (%) : 10%
10.Pertumbuhan penjualan (%)           : 15%
11.Bauran pemasaran (product, price, place, promotion) :
Produk Salon (Product)
1. Manfaat-manfaat  produk yang penting di salon :
· Dilihat dari varietas produk yang diberikan
Contoh : Pemakaian Hijab untuk acara wisuda, pengantin, acara formal maupun informal, gunting rambut, creambath, cuci blow, cat rambut, menicure/pedicure dan lain-lain.
· Dilihat dari pelayanan
Pelayanan yang diberikan harus memuaskan karena orang akan merasa puas dengan  jasa yang dihasilkan, misalnya tidak terlalu menunggu lama.
· Dilihat dari kualitas
Misalnya dari cara teknik memotong , teknik cat harus kualitas yang baik sehingga orang puas.
Produk yang dapat dibedakan dari salon ini :
· Pelayanan
· Kualitas
· Nama merek yang akan digunakan Salon Hijabers
Dukungan yang diperlukan dari  usaha salon :
· Desain ruangan salon
· Peralatan yang lengkap
· Produk yang ditawarkan lengkap
· Pelayanan yang diberikan memuaskan
· Garansi produk yang ditawarkan
 Pentingnya pelayanan bagi salon, karena  salon yang ditawarkan adalah jasa,  sehingga apabila yang ditawarkan memuaskan bagi konsumen, maka konsumen akan datang kembali untuk mempercayakan penataan rambutnya terhadap salon tersebut. Efeknya salon tersebut akan ramai dikunjungi sehingga pendapatan dari salon tersebut meningkat. Pada salon perlu variasi produk agar tidak monoton/membosankan sehingga konsumen yang datang dapat memilih produk yang ditawarkan.
Pada salon tidak terlalu penting kemasan karena ini merupakan jasa pelayanan.
Membandingkan dengan pesaing dapat dilihat dari :
· Harga yang ditawarkan.
· Varietas produk yang dilihat.
· Pelayanan yang diberikan oleh salon tersebut.
Tempat (Place) Salon
1. Lokasi yang ada sudah cukup sesuai karena dilihat dari tempatnya sudah strategis karena:
· Dekat dengan kampus mahasiswa
· Perkantoran
· Dilalui oleh jalur angkutan kota.
2. Lokasi sangat penting bagi usaha, karena:
· Lokasi sangatlah menetukan omzet bagi usaha.
· Jumlah konsumen yang datang.
3. Bentuk distribusi yang diperlukan:
· Lokasi
· Transportasi
4. Motivasi yang diberikan kepada distributor untuk menyalurkan produk:
· Cara pembayaran yang diberikan
· Produk yang diambil dalam jumlah yang banyak
· Pamflet / selebaran produk tersebut ditempel ditempat yang dapat dilihat jelas oleh konsumen
· Produk tersebut dipajang ditempat yang dilihat oleh konsumen
Promosi untuk Bisnis Salon (Promotion)
1. Besarnya anggaran promosi yang dilaksanakan  sekitar  tiga juta.
2. Advertising/promosi sangat penting didalam salon, karena orang akan tahu/ mengenal, mencoba apabila puas, akan datang kembali.
3. Bauran promosi  yang penting ialah :  dengan cara advertising, melalui radio. majalah, spanduk/dari mulut ke mulut.
4. Efektivitas promosi setiap tahun  :
·Dapat mempengaruhi pendapatan
·Dapat lebih dikenal lebih luas lagi oleh masyarakat sehingga mengenal
5. Bauran advertising bukan yang terbaik,
· Karena bisnis ini biasanya orang mencoba terlebih dahulu, untuk masuk apabila pelayanan yang diberikan baik maka orang akan lebih loyal.
· Biasanya bisnis ini promosi dari mulut ke mulut yang dilakukan
6. Media efektif yang digunakan : spanduk dan brosur.
Harga Jasa Salon (Price)
1. Harga yang ditetapkan berdasarkan permintaan atau yang sudah ditentukan terlebih dahulu oleh pemilik dengan menghitung  jumlah biaya yang dikeluarkan untuk produk jasa yang dilakukan.
2. Untuk salon profit margin yang sesuai kira-kira 20 % - 30%.
3. Untuk salon ditentukan harganya dengan :
· Menghitung jumlah tenaga kerja
· Menghitung bahan baku, dll atau produk ditentukan harganya dengan melihat harga dari pesaing disekitarnya
4. Sejauh harga pesaing tidak terlalu besar gapnya, maka tidak perlu kuatir. Apalagi dengan memberikan service pelayanan yang baik
5. Harga bagi pembeli, sangat penting. Tetapi apabila pelayanan yang diberikan kepada pembeli sangatlah baik dan kualitas yang baik, apabila dia membayar dengan harga yang sedikit lebih mahal tidak menjadi masalah.
6. Tingkatan harga pada salon harus dipertimbangkan dengan melihat:
· Lamanya pekerjaan
· Bahan baku yang dikeluarkan.
12.Biaya distribusi/place (Rp)   : Rp 3.000.000
13.Biaya promosi (Rp)             : Rp 3.000.000

D. Aspek Produksi
1. Tanah                            : Luas Tanah 200 m2
2.Bangunan                        : Sewa kantor Rp 2.000.000/bulan, Sewa (3 Tahun) Rp 72.000.000
3.Mesin dan peralatan   :

Beli/ Sewa
Nama
Merek
Jumlah
Harga

1. Beli
Komputer
ASUS X427
1
Rp 4.500.000

Hairdryer
Philips Hair Straightener - HP-4686
3
Rp.1.350.000

Set pencuci rambut
-
2 set
Rp

Set gunting
-
5 set
Rp

Set perawat rambut




Peralatan creambath steamer

1 set


Jepit-jepit rambut




Peralatan medicure/pedicure

2 set


Peralatan drokap (untuk keriting & pengecatan)


1 set


Jarum pentu peniti bross

30 lusin


Hijab

200 buah


Ciput ninja

100 buah

2. Hibah
Uang
-
Rp 15.000.000
Rp 15.000.000

4.Inventaris kantor          :
Inventaris Kantor
Harga (Rp)
1. Sofa dan Meja
Rp 3.200.000
2. Kursi tunggu
Rp 200.000
3. Lemari kaca
Rp 2.500.000

5.Kendaraan                      :
Kendaraan
Harga (Rp)
1. Mobil
Rp 150.000.000
2. Motor
   Rp 12.000.000
Jumlah
Rp 162.000.000

6.Kontrak dibayar dimuka : -
7.Biaya Sewa                      : Rp 2.000.000/bulan
8.Bahan baku                     :
Bahan Baku
Harga (Rp)
1. Hijab
Rp 500.000


9.Upah tenaga produksi : - (karena tidak memproduksi Hijab, hanya membeli saja)
10.Biaya umum                 :
Jumlah Biaya Umum
Jumlah (Rp)
1.Pemeliharaan Mesin dan Peralatan
Rp 1.000.000
2. Biaya penggantian peralatan   
Rp 100.000
3. Biaya listrik, air, telepon             
Rp 3.000.000
4. Biaya transportasi pemasaran
Rp 2.000.000


















   


Tidak ada komentar:

Posting Komentar